Siliwangi Bolu Kukus: Oleh-oleh Khas Bumi Pasundan yang Wajib Kamu Coba!

Siliwangi Bolu Kukus Puncak Bogor

Soal kehadiran Siliwangi Bolu Kukus, sejatinya udah aku tau sejak Oktober 2019 lalu. Gimana ngga, pembukaan store pertamanya aja berlokasi di Stasiun Bogor, yang jelas-jelas hampir setiap hari kusambangi di hari kerja. Belum lagi, ramainya kawan-kawan blogger yang datang saat itu menambah semarak hadirnya Siliwangi Bolu Kukus di jagat maya. Ngga di Instagram, ngga di twitter, bahkan sampai di Facebook, semua ngomongin Siliwangi Bolu Kukus.

Aku sendiri sempat skeptis, “alah, paling sama aja rasanya kaya bolu-bolu lain” Tapi, cukup penasaran juga sama tagline-nya, “Oleh-oleh khas Bumi Pasundan”. Kenapa ya disebutnya oleh-oleh Khas Bumi Pasundan? Kenapa ngga dibilang oleh-oleh Bogor aja? Kan “lahir”nya di Bogor?

Karena entah kenapa, kalau ngomongin Pasundan, aku tuh auto-fokus aja mikirnya ke Kota Bandung, hehe. Padahal, tanah Pasundan kan luas yes? Meliputi wilayah bagian barat Pulau Jawa, yang sebagian besar wilayahnya masuk provinsi Jawa Barat dan Banten. Begitu yang kubaca dari Wikipedia.

TAK KENAL MAKA TA’ARUF w/ SILIWANGI BOLU KUKUS

Awal perkenalan aku sama Siliwangi Bolu Kukus terjadi di akhir bulan November 2019. Pertama beli pun sifatnya macam untung-untungan aja, kalau enak ya alhamdulillah, kalau ngga enak juga gak masalah. Harganya pun murah, waktu itu masih harga promo ditambah pas bener belinya pas ada promo GoPay Day! Wkwk Udah murah tambah murah aja jadinya.

Dan kesan pertamaku langsung positif gara-gara bisa payment pake GoPay. Poin plus banget kata aku mah ini. Hanya saja sayangnya, waktu itu ngga sempet nyobain karena harus ada event di luar kantor. Tapi nanya pendapat anak-anak kantor sih, semuanya kompak bilang ENAK! *duh, nyesel dah ngga nyicip dulu :s Waktu itu aku belinya yang rasa strawberry, btw.

Perkenalan aku selanjutnya sama Siliwangi Bolu Kukus bisa dibilang lebih intimate dibanding perkenalan pertama, *tsah. Semuanya berawal dari Siliwangi Bolu Kukus yang buka 3 store baru di Bogor. Iya, kalian ngga salah baca kok, langsung buka 3 store sekaligus dalam kurun waktu 2 bulan dari pembukaan store yang pertama. Kereeen!

Tepat di tanggal 21 Desember 2019, pembukaan store kedua Siliwangi Bolu Kukus resmi dibuka. Berlokasi di Jalan Sholeh Iskandar/Jalan Baru, patokannya ngga jauh dari Univesitas Ibn Kaldun. Ruko pinggir jalan besar gitu sih, pasti mudah ditemuin ya.

Tapi aku ngga dateng sih kalau ke store yang di Jalan Baru, aku datangnya justru ke store ketiga yang resmi dibuka esok harinya (22/12). Ngga tanggung-tanggung, store ketiganya yang berlokasi di Puncak, Bogor.

Tepatnya di Jalan Cibogo, kalau kalian pernah tau Cafe Cibogy, nah lokasinya persis di situ (Cibogy-nya udah tutup, btw). Sengaja jalan pagi-pagi dari rumah biar masih kedapetan suasana puncaknya, pun ngga perlu khawatir store-nya masih tutup karena semua store Siliwangi Bolu Kukus udah buka dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam. Coba tuh, toko oleh-oleh mana yang udah buka dari sepagian gitu. Wkwk Baru ini aja aku nemuin rasanya.

Siliwangi Bolu Kukus Store Puncak Bogor

Photo taken by @dwinayusuf

Nah, di sini lah letak intimate-nya. Karena akhirnya rasa penasaranku terjawab sudah, kenapa tagline-nya Oleh-oleh khas Bumi Pasundan bukan Oleh-oleh khas Bogor. Itu karena produk ini memang bukan hanya ingin mengangkat nama Kota Bogor, melainkan seluruh wilayah tatar Pasundan. Thats why namanya pun Siliwangi Bolu Kukus, bukan sebaliknya.

Pun semua varian rasa dari Siliwangi Bolu Kukus merupakan varian rasa yang emang Pasundan banget. Seperti rasa Strawberry yang pernah aku beli itu ternyata itu namanya Strawberry Ciwidey, ada juga rasa Alpukat Mentega, Ketan Kelapa, Ubi Cilembu, Brownies Coklat, Kopi Bogor, Talas Bogor, dan rasa Susu Lembang. Sungguh paduan sejarah dan cita rasa lokal yang apik!

store Siliwangi Bolu Kukus di Puncak
Lihat kantong belanjanya, unik khaan | Photo taken by @dwinayusuf

Semua penjelasan ini aku dapat langsung dari Pak Tegar, yang merupakan GM CV Boga Karya Siliwangi. Dari obrolan yang ngga bisa dibilang singkat, wajar rasanya kalau Siliwangi Bolu Kukus yang notabene masih “pemain baru” di dunia perkulineran langsung dapat tempat di hati pelanggannya, ya orang-orang yang ada di belakangnya aja emang orang-orang yang udah kompeten di bidang industri makanan sih, macam Pak Tegar ini salah satunya.

Dari semua varian, rasa yang paling direkomendasiin dan emang terbukti best seller itu yang rasa Alpukat Mentega. Rasa ini juga yang akhirnya aku coba pertama kali. Eh, beneran enaaak! Haha Rasanya unik, dan kayanya kok emang baru ini aku cobain bolu rasa alpukat.

Btw, dari Siliwangi Bolu Kukus inilah aku tau kalau Alpukat Mentega terbaiks itu berasal dari daerah Garut. Jajan Siliwangi Bolu Kukus gak cuma dapet makannya aja gaes, tapi dapet sejarahnya jugak!

sejarah dalam rasa
Akan menemukan tulisan gini di tiap kemasan
tester bolu siliwangi

Photo taken by @dwinayusuf

Berhubung lagi di store-nya, dan kebetulan ada tester beberapa rasa di depan kasir (aku ngga tau ya ini testernya bakal ada terus atau pas opening aja; Ngarepnya sih ada terus ya :p) maka aku tidak menyia-nyiakan kesempatan. Gercep aja aku mah dicoba satu per satu, ehehe.

Dan yang jadi favorit aku nomer 1 ternyata bukan rasa yang Alpukat mentega, tapi justru yang rasa Kopi Bogor, kedua yang Susu Lembang, Ketiga baru Alpukat Mentega, keempat Strawberry Ciwidey. Cuma masalahnya belum nyoba yang Brownies Coklatnya, entah nih nanti bakal ngegeser posisi yang mana. Wkekeke.

Overall, buat aku Siliwangi Bolu Kukus ini emang hadir lebih istimewa karena bolunya kerasa lembut banget, aromanya cukup kuat dan langsung menggoda iman dari pertama kali di buka, apalagi yang kopi *duhh Dari segi tampilan juga cantik karena dibikin 3 layer gitu.

Try SBK form the first time

ME! Trying SBK for the first time | Photo taken by @dwinayusuf

Plusnya, kemasannya aman dan terbukti higienis. Soal halal? Gak usah diraguin lagi. Siliwangi Bolu Kukus udah mengantongi sertifikat halal dari MUI dan juga izin PIRT. Buat harga Rp27.500, Siliwangi Bolu Kukus ini very worth to buy!

Saking worth to buy-nya, bayangin ada orang yang rela dateng pagi-pagi ke store yang di Puncak itu buat mborong 100 boks Siliwangi Bolu Kukus buat acara hajatan saudaranya di Kuningan. Dipikir-pikir oke juga ini idenya, selain buat hidangan kue di prasmanan bisa buat dibagi-bagiin juga.

Oh, satu lagi nih yang aku suka dari Siliwangi Bolu Kukus, setiap pembelian produk kita tuh bakal dikasih 1 pisau plastik, berapapun belinya. Waktu aku beli cuma 1 itu juga dikasih, dan beneran berguna banget ‘bok.

Secara ya, kalau mau minta potongin ke mbak-nya sih bisa tapi kan waktu itu lumayan buru-buru juga. Jadi dengan adanya pisau ini jelas ngebantu banget. Termasuk buat kalian yang bawa Siliwangi Bolu Kukus ini jadi oleh-oleh tapi terus di jalan kelaperan bisa bangetlah diicip dulu dikiit 😀

Lanjut ya, buat store keempat Siliwangi Bolu Kukus hadir lebih dekat dari Bogor Kota. Terletak persis di sebelah Rumah Makan Masakan Padang Trio Jumbo, pokoknya ngga jauh dari Terminal Baranangsiang Bogor.

Pembukaannya tepat di hari Senin (23/12) lalu. 3 hari berturut-turut selama pembukaan, semua store dipenuhin sama orang-orang yang rela antri demi promo Buy 1 Get 1. Iyes, selama pembukaan di hari pertama promonya tuh Buy 1 Get 1, di hari ke-2 sampai ke-7 promonya Buy 2 get 1.

Tapi nih, buat uliners yang rasanya terlalu mager buat dateng langsung ke store, santuy aja karena Siliwangi Bolu Kukus juga punya program free delivery tanpa minimum order, lho. Cek deh di postingan di bawah ini wilayah kalian masuk area yang ke-cover atau ngga. Atau buat lebih jelasnya mah bisa langsung chat aja via WA ke 0811-825-004 atau via Line @siliwangibolukukus ^^

Leave a Reply