7 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Liburan Ke Labuan Bajo. Sewa Kapal Salah Satunya!

7 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Liburan Ke Labuan Bajo – Halo Uliners! LABUAN BAJO, Waktu pertama kali dapat tawaran buat menjejak di kota kecil paling barat Pulau Flores ini, aku sama sekali belum tau bakal ngapain aja selama di sana. Parahnya nih, saat itu aku malah belum tau tempat wisata di Labuan Bajo tuh ada apaan aja. Aku mah taunya hayuk-hayuk aja kalau ada yang ngajak :v

Dan, barulah belakangan aku tau, kalau Labuan Bajo ternyata masuk ke destinasi wisata populer di Indonesia. Beberapa teman bahkan udah masukin Labuan Bajo sebagai dream destination-nya mereka. Waaah, pantesan aja aku merasa tertinggal. Lah wong, mimpi aku tahun 2017 ini tuh ke Ujung Barat Indonesia kok *ini alasan aja sih biar gak dibilang kudet :p*

Selain karena tempat wisatanya, ternyata Labuan Bajo juga menawarkan konsep wisata yang gak kalah menarik buat dicoba. LOB alias Living on Board. Membayangkan gimana rasanya tidur dan beraktivitas di atas kapal, kira-kira bakal nyenengin atau bakal ngebosenin yak? Menurut, ngana? *pasang muka tengil :v

Well, sebelum aku jawab, aku mau share dulu 7 hal yang perlu dipersiapkan sebelum liburan ke Labuan Bajo. Siapa tau aja kan bermanfaat buat teman-teman yang lagi mau ke Labuan Bajo. So, lets check it out >>>

  1. Tiket Pesawat PP

liburan ke labuan bajo

Rasanya hampir semua orang tau kalau tiket pesawat ke Timur Indonesia itu jauh lebih mahal ketimbang beli tiket pesawat ke negera tetangga, ye kan? Tapi sayangnya, aku gak punya tips buat dapetin tiket pesawat murah ke Labuan Bajo *maap yak* Aku gak pinter nyari tiket promo, kemarin beli tiket juga mepet-mepet hari H.

Tapi, dari hasil pengamatan beberapa bulan ini, tiket pesawat Jakarta – Labuan Bajo itu harganya nyaris stabil dirange harga yang sama. Biarpun, katakan lah aku ngeceknya buat keberangkatan 6 bulan ke depan, kisaran harganya tetap sama. Sekitar Rp. 3jutaan Pulang-Pergi.

Itu pun pesawatnya yang pake transit dulu di Bali. Kalau yang direct/langsung bisa lebih mahal lagi, bisa sekitar 4-5juta PP lah buat tiket pesawat aja. Tips. Kalau ambil yang transit di Bali cari yang waktu transitnya minimal 2 jam yak. Biar gak ngos-ngosan aja sik pas check-in-nya, apalagi kalau ada bagasi.

  1. Stamina

Photo taken by @almazia

Ini adalah persiapan yang hampir luput dari list saking excited-nya yang mau jalan-jalan, whehehe. Padahal, aktivitas selama sailing trip di Pulau Komodo itu isinya snorkeling dan trekking. Kalau snorkeling sih, gampanglah ya. Trekkingnya itu yang PR. Apalagi buat aku yang jarang olahraga.

Makanya, penting banget nih buat mulai olahraga ringan, jalan pagi/sore sekurang-kurangnya 30 menit setiap hari dari satu atau dua minggu sebelum liburan. Ssst, seharusnya olahraga itu emang rutin yak bukan kalo mau liburan doang *selftoyor Tips. Jangan lupa buat pemanasan dulu setiap kali mau beraktivitas ya, baik snorkeling maupun trekking. Ini hal kecil, penting, tapi suka kelupaan.

  1. Sunscreen/Sunblock

Sunscreen Buat ke Pantai

Awalnya, aku gak terlalu mikirin soal si sunblock atau sunscreen ini. Soalnya, waktu aku ke Belitung dulu, pakai sunblock tuh gak ngaruh apa-apa, aku pulang tetap gosyong. Dududu ~

Tapi, setelah aku googling, sunblock ternyata masuk sesuatu yang penting buat dibawa kalau liburan ke Labuan Bajo. Karena, di sana itu panasnya terik banget gitu. Jiperlah awak! Padahal tadinya udah mau so-so ikhlas buat gosong, ehhh akhirnya pertahanan runtuh jugak! HAHA.

Lucky me, punya teman-teman yang ringan banget kalau soal bagi-bagi ilmu. Tips dari @imusyrifah biar puas mantai tapi gak bikin kulit gosong koentji-nya adalah, pakai double sunscreen plus Aloe Vera.

Urutan penggunaannya begini, moisturizer – sunscreen 1 (aku pakai Biore UV Spf 50 *ini enak banget asli) – sunscreen 2 (Banana Boat Spf 110) – sisanya bisa pakai BB Cream *optional. Biar meresap pakainya dijeda per 5menit yak. Nah, malamnya, baru deh pakai Aloe Vera. Buat telapak tangan sama kaki, aku pakai yang Banana Boat Spf 110. Satu lagi, jangan lupa re-apply setiap kali habis main air atau habis panas-panasan.

Nah, karena urusan per-sunscreen-an ini ternyata lumayan menguras dompet. Tips berikutnya, kalau jalannya sama temen, mending belinya patungan aja. Lumayan bisa hemat lho. Tapi, kalau harus beli sendiri, ya anggap aja investasi! wkwk

  1. Sandal/Sepatu Gunung

Photo taken by @tarsi – Beborneoour

Sandal/sepatu gunung jadi pilihan yang tepat buat dibawa liburan ke Labuan Bajo. Walaupun medan yang kita lalui bukan yang “gunung” banget, tapi jalanannya cukup terjal berupa bebatuan gitu, beberapa ada yang curam juga.

Sebetulnya ini optional juga sih. Teman yang lain pakai sepatu biasa (running shoes) dan baik-baik aja. Cuma buat rang-orang kaya aku, yang suka gak PD buat naik-turun bukit *if-you-know-what-i-mean, aku lebih saranin pakai sendal/sepatu gunung aja, lebih safety gaes! Tips. Jangan lupa bawa sarung tangan. Karena akan ada trek yang butuh merangkak-rangkak, terus gak sadar bikin tangan luka-luka kecil >.< Ahelah, manja aja sih ini mah wkwkwk.

  1. Akomodasi

Aku sampai di Labuan Bajo H-1 sebelum jadwal sailing, jadi butuh tempat buat sekadar numpang tidur. Dari sekian banyak pilihan hotel yang ada, hostel De Chocolate yang akhirnya jadi pilihan karena lokasinya lumayan dekat ke pelabuhan dan reviewnya juga bagus. FYI. Karena ini kota kecil, ke mana-mana emang dekat aja.

Ada dua pilihan kamar di sini, kamar deluxe dengan rate Rp. 400rb/malam. Dan kamar backpacker dengan rate Rp. 100rb/malam (bunk bed; 1 kamar ber-6). So far so good kok hostelnya.

  1. Sewa Kapal

Sewa kapal di labuan bajo
Photo taken by @salmanbiroe

Sama seperti hotel, di pelabuhan Labuan Bajo juga ada banyaaak sekali kapal yang bisa disewa buat sailing trip di Pulau Komodo. Ada yang bisa disewa cuma seharian misal ke beberapa tempat wisata aja *buat yang gak mau LOB*, tapi rata-rata sih menawarkan buat LOB 3H2M. Karena seperti yang aku tulis di awal, LOB ini emang jadi daya tarik tersendiri juga kan. Lagian, dari segi waktu, rasanya jauh lebih efisien LOB deh daripada ngeteng.

Nah, soal harga sewa kapal di Labuan Bajo ini, lumayan bervariatif juga. Tergantung fasilitas dan jenis kapalnya. Dan yang pasti, tergantung seberapa jago keahlian kalian dalam hal tawar menawar sama yang punya kapal kalau sewa kapalnya go show alias langsung mah 😀

Tips. Urusan sewa kapal ini sebaiknya diberesin sejak sebelum keberangkatan. Biar perjalanan lebih nyaman, dan gak banyak waktu kebuang. Yang paling simple sih, ambil paket private trip aja dari penyedia jasa sailing trip Pulau Komodo yang bisa teman-teman temukan di Internet.

Kalau aku kemarin, sailing trip pakai kapalnya Mas Indra dari BeBorneoTour. Kapal standar kabin dengan muatan 8 orang, kamar tidur dengan kipas angin, kamar mandi dengan air tawar. Paket lengkap lagi karena tour guide-nya JAGO MOTO, kokinya JAGO MASAK. Syadaappp!

  1. Travelmates yang seru!

Okay gaes, ini adalah persiapan terakhir yang juga gak kalah penting. Gak asyik juga khan kalau semua hal udah dipersiapkan dengan matang terus kalian melaluinya hanya dengan seorang diri aja? Wkwkwk ~

Lucky me (again), liburan ke Labuan Bajo kemarin ditemenin sama travelmates yang seru banget! Ada Bunda Donna, Mba Alma, Mas Salman (sama ketiganya ini emang udah lumayan sering jalan bareng sih), dan 3 teman baru dari Malaysia, Bang Sham, Kak Lily, dan Naz.

Melewati 3hari2malam bareng mereka, bikin perjalanan di atas kapal gak pernah terasa membosankan. Hidup 3 hari dengan internet yang timbul tenggelam, gak pernah jadi masalah. Ngobrol ngalor ngidul, ngetawain hal gak penting sampai bikin sakit perut, nyanyi-nyanyi biarpun gak hapal liriknya, lomba makanin kuaci padahal aslinya emang nahan laper aja! Wkwk. Serulah pokoknya.

So, gaes, LOB ini menurut aku, cocok banget buat yang mau quality time sama sahabat, bahkan sama keluarga juga. Walaupun Labuan Bajo ini wisatanya banyakan trekking dan snorkeling, tapi trekkingnya bisa menyesuaikan kok. Karena Flores ini alamnya udah cantik, jadi dari tempat yang gak terlalu tinggi pun bisa tetap dapat view yang cantik.

Tapi nih, kalau misal, mentok banget gak ada temen/rombongan yang bisa diboyong ke Labuan Bajo. Misal cuma sendiri atau berdua, kalian tetap bisa kok nikmatin keindahan alam Flores dengan cara ikut OPEN TRIP! Cek jadwalnya di sini >> Sailing Trip Amazing Komodo 3H2M << Pasti berangkat lho ini!

Tips Kalau kalian ikut Open Trip lalu merasa gak menemukan travelmates yang seru. Cobalah untuk jadi travelmates yang seru buat oranglain :)) *so wise bangetlah ini tipsnya wkwk.

Whoaaah! Akhirnya selesai juga nih. Kok kayanya panjang banget ya? Padahal cuma 7 hal aja lho ini yang di share. Kek mana kalau semua persiapan di share? Bisalah ya jadi 1 buku. Buku Tulis :’)

Ohiya, pertanyaan di awal tadi gak perlu dijawab kan? Udah taukan jawabannya apa?

Btw, cerita lengkap sailing trip Komodo National Park bakal aku update secara berkala di blog ini. Jangan bosen yaaak ^^

39 Replies to “7 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Liburan Ke Labuan Bajo. Sewa Kapal Salah Satunya!”

  1. Aku menyimak perjalanan kalian melalui sosmed. Seru banget! apalagi jalannya bareng teman-teman baru ya 🙂 dan BeBorneo Tour itu jaminan kepuasan, aku udah ngerasain pas trip ke TN Tanjung Puting tahun lalu. Semoga nanti ada kesempatan main ke Labuan Bajo bareng temen-temen yang menyenangkan dan dihandle sama BeBorneo Tour lagi amiiin 🙂

    1. Iyaaa, trip kemarin seruuu banget mas Yayan 😀
      Aamiin aamiin.
      Berarti kita kebalikannya nih mas, aku udah ke bajo tapi belom ke Tanjung Puting. Mudah2an Tahun depan nih bisa ke Tanjung Puting, mau sama Beborneo lagi juga insyaAllah.

  2. Huhu mupeeng pisaan, tapi blom bisa ninggalin bocah-bocah hihi..cakeeep bener yaa pemandangannya Ranii..

    1. Dibawa aja mbaa bocahnya. Seru deh pasti kalau jalan sama anak-anak 😀

  3. Enaknya kalo ikut open trip gini udah diatur semua yah, tinggal ngikutin itinerary travel tournya ajah 🙂

    1. iyes kak, enak ternyata, gak perlu repot mikirin apa-apaan lagi hehe

  4. Kalau jalan sendiri sepertinya bakal sibuk nyari-nyari itin hahahhah. Kalau ikut paketan tinggal adem ayem nurut sama operator hahahhahha

    1. Nah bener banget Mas Sitam. Kalo ikut tour tinggal nikmatin jalan-jalannya aja, gak perlu mikirin apa2 lagi muehehe

  5. Suka sama kalimat “jadilah travelmate yg seru buat orang lain”.
    Terkadang memang kita terlalu banyak menuntut, kita pengen dapet teavelmate yg asyik tapi kita sendiri gk asyik bagi orang lain 🙂

    1. Iya itu dia, tapi manusiawi kok mas begitu hehe Ini self-reminder juga buat aku

  6. Waaaah pake kapalnya bang indra. Sampai sekarnag selalu berelasi dengan abang ini untuk penyewaan kapal di Labuan Bajo. Kapalnya lumayan nyaman soalnya hehe senangnya bisa liburan disana yaaa hehehehe

    1. Iyes, kapalnya nyaman, crew kapalnya juga asyik yaaaa

  7. Aku pengin banget ke labuan bajoooo, ah belum kesampaiaaaan ih,,, jadi gemes liat kalian travelling.. Hhh

    1. Semoga disegerakan bisa sampai di Labuan Bajo yaaa kak 😀

  8. kapan ya aku bisa ke sana, pingin banget

    1. bisaa kak, kalau sudah waktunya. InsyaAllah

  9. Memang Labuan Bajo is the best ya Ran. Minimal sekali seumur hidup harus berkunjung ke sana. Bikin foto-foto memorable seperti di atas 🙂

    1. Iyaaa mba, bagus bangeeeett. Alhamdulilah banget dapet kesempatan buat bisa ke bajo tahun ini.

  10. Labuan Bajo menggoda sekali, blm dpt kesempatan kesana..
    pake sunblock disana mesti gosong, tp minimal g sampai terkelupas2 kulitnya

    1. Semoga disegerakan dapat kesempatan buat sampai di Bajo, mas.
      Iyaaa bener, pakai sunscren biar minimal gak kebakar kulitnya yaaa

  11. pemandangannya keren… tips-tipsnya oke banget mba..apalagi yang travelmates itu hihihi

    1. hehe iya itu travelmates poin pentingnya emaang 😀

  12. Ah aku mantengin timeline perjalanan kalian seru banget ya, Ran. Ah pokoknya kagak nyesel deh ngetrip bersama BeBorneoTour.Com

    Rani, sudah turun berapa kilo setelah tracking beberapa tempat di Labuan Bajo.. hehhe

    1. Eh yay, gw kan kepikirnya bakal turun juga yak tuh abis trekking. Taunya apa dong? boro-borolah turun, gak naik aja udan bagus hahaha
      Supply makanannya Beborneo parah sih, kaga abis2 :v

  13. Yaampuuun baru bacaa!!! Ini seru pisan sist kuingiiiin:D
    Btw kamu pilih bunk bed apa deluxe sis?
    Sama kalo totalan kasar jadi berapa tuh all in nya wwkwkkw jawaban ini djapri aja gpp

    Btw asik deh ada namaku hihihi. Mau request dong ran trip2 yg lain dbikin postingan juga jd ada gambran gitu terutama budget dan akomodasi:p

    1. Faaa, aku kemaren jadi nyoba dua2nya, sama aja sih kata aku mah. Detail review hotelnya ada di post kedua yaa sist 😀 Nanti Aku japri yak budgetnya hehe

      Budget & Akomodasi ya? Oke oke sipp. Nanti InsyaAllah aku tulis yak

  14. Perhatian pertama aku sepanjang baca tulisan ini malah ke sunscreen dan sunblock. Ini nih yang seringnya kelupaan dipakai kalau traveling. Mentang mentang pake baju panjang mulu, tapi pulang pulang, muka suka kayak kepiting rebus.

    1. Nahh, aku dulu gitu juga mba mikirnya, ah pake baju dan celan panjang ini, jadi kayanya aman. Gak ngeh aja kan kalo muka mah, sama telapak tangan dan kaki mah kebuka, gosyonglah pulang2 hehehe

  15. Oalah asik bgt dong sama mb Dona, mb Alma, Salman yahh…Duh, mupeng juga… ternyata bisa nih diplanning jauh2 hari atau bulan yaa

    1. bisa banget mba, kalo dari jauh2 hari malah enak nabungnya bisa dari lama. Bisa nyicil juga kan kaya beli tiket dulu atau beli apa dulu gitu hehe

  16. flores emang keren ,apalagi warna airnya keliatan cantik gtu kalo dijepret ..

    1. Indonesia Timur mah juaraaa banget sih emang pemandangannya 😀

  17. Wah.. sseru sekali travelingnya kak, ajak2 dong… labuan bajo adalah destinasi impian aku, kapan aku bisa ke sana ^^

    1. hayuk kak, temenku ada yang mau ke Bajo lagi Maret tahun depan. Kali mau gabung 😀

  18. dan akuuuu, sok jago gitu pakai sunblock ala kadar, alhasil pulang dari sanaaaaaa…. legaaaam kalau kata Diba mah hahaha

    1. wkwk. Abis ditawarin gak mau ajaa. Jagoan siih bunda mah emang :v

  19. Noted, jadi harga tiket PP ke sana standarnya 3 juta PP yak. Eh info sunscreen-nya bermanfaat banget. Secara aku udah item, jangan sampai tambah item lagi, bahahaha. Hm Biore dan Banana Boat ya…

    1. Iyaa sekitar segituanlah. Hahahaha, Iya jangan sampe ntar pas pulang, orang rumah jadi pada gak ngenalin yaaak :v

  20. Beuh pemandangannya, keren banget, Teh.
    Lihat foto naik kapan kok, aku jadi kangen naik kapal dan berlayar ya..he

    Btw, itu kapalnya keren lho, Teh. Belum naik kapal seperti itu..
    Nice share, setidaknya ada gambaran di Labuhan Bajo. Siapa tahu bisa kesana suatu saat nanti..

Leave a Reply