Nyicip Rasa Sulawesi Lewat Festival Kuliner Serpong 2014

Festival Kuliner Serpong 2014 – Denger istilah festival kuliner rasanya langsung bayangin gimana serunya bisa icip-icip banyak makanan cukup di satu tempat. Makanya, pas tau temen-temen blogger dari Bogor mau pada datang ke acara ini, aku minta ikut aja. Alhamdulillah, salah satu temen Blogger ada yang berbaik hati mendaftarkan aku, dan malah ngajakin buat berangkat bareng. Kita berangkat dari Bogor sekitar jam 1, karena acaranya dimulai jam 3 sore. Tapi, sayang kondisi jalan yang gak bisa diprediksi membuat kita datang terlambat.

Festival Kuliner Serpong 2014
Rumah adat Sulawesi

Summarecon Mal Serpong baru bisa kita pijak lantainya sekitar jam 4 sore. Sementara itu, temen-temen blogger yang datang lebih awal udah diajak jalan-jalan mesra naik bis khusus untuk sampai ke SDC (Summarecon Digital Center). Beruntungnya, masih ada beberapa blogger lain yang juga datang terlambat, asiikkan jadi ada temennya, hehe. Sementara nunggu rombongan yang lagi jalan-jalan, kita-kita ini yaaa lebih dulu nyatronin tempat berlangsungnya acara Festival Kuliner Serpong 2014 yang ada di area parkir selatan Summarecon Mall ini.

Fasilitas dari Summarecon
Fasilitas Shuttle bus yang menghubungkan Summarecon Mall Serpong-Summarecon Digital Center-Scientia Square Park

sambil menikmati waktu menunggu

Tema Festival Kuliner Serpong 2014 kali ini adalah Sulawesi Nyamanna’… Pe Sadaap. Aku pikir, pasti isinya makanan sulawesi semua, secara dekorasinya aja udah serba Sulawesi. Ternyata eh ternyata meski tema dan dekorasinya bernuansa Sulawesi, di dalem itu isinya tetep Indonesia banget karena ada banyak juga makanan khas daerah lain.

Semisal ada Asinan Bogor Nyonya Lenny, sebagai warga Bogor seneng dong tentunya makanan khas daerahnya ada di sini juga. Belum lagi, jajaran jajanan yang biasanya ada di pinggiran jalan juga ada di sini. Semisal cilok, cimol, kue pukis, rujak beubeuk(tumbuk), kerak telor, yaaa banyak deh pokoknya. Aslinya sih kaya surganya makanan, pecinta kuliner bisa betah berlama-lama di tempat ini.

Suasana pengunjung FKs 2014

Aku yang mulai kehabisan tenaga karena perjalanan yang lumayan melelahkan (padahal sih cuma duduk manis di mobil), akhirnya cuma menghabiskan waktu menunggu sambil perhatiin orang-orang yang sibuk lalu lalang di Summarecon Mal Serpong.

Tepat sih memang, waktunya pas weekend, cuacanya pas cerah, acara dan tempatnya juga pas buat didatengin, dan emang pas banget kalau ini mall banyak pengunjungnya. Aku liat banyaaak banget keluarga yang keliatannya sengajain ‘jajan’ di Festival Kuliner Serpong yang cuma di gelar sampai 7 September ini. Ah, makin gak sabar nunggu bisa icip-icip nih.

Festival kuliner serpong 2014
Ini Alat transaksinya…
Festival kuliner serpong 2014
Kartu tadi bisa didapatkan di Loket ; Untuk jajanan gerobak pembayaran dilakukan di kasir

Dan pada waktunya, rombongan blogger yang abis jalan-jalan datang juga. Tapi, karena aku datang terlambat jadi masih butuh waktu buat bisa dapetin free voucher 100K buat  icip-icip jajanan di dalem. Sementara yang lain udah berhamburan dan kembali bawa menu pilihan masing-masing. Gak lama, baru deh aku bisa registrasi ulang yang akhirnya voucher di tangan. Yes, mari jajaaaan…

Di festival kuliner serpong 2014

Yang pertama mau aku beli pastinya makanan khas Sulawesinya dong. Sempet galau sih, antara Sop Konro sama Mie Cakalang karena kedua tempat ini sama panjang antriannya tapi akhirnya pilihan jatuh sama sop konro meski antrinya gila-gilaaan (pertanda makanan yang banyak peminatnya).

Pegel karena bermenit-menit berdiri antri terbayar pas Sop Konro Bakar udah nangkring depan mata. Tapi belum sampai suapan pertama, temen-temen blogger minta foto dulu. Eh, bukan minta foto sama aku deh tapi minta foto Konro-nya haha *Kalah tenar*. Yes, inilah sensasinya jadi blogger, makanan belum wajib santap kalau belum di foto.

Festival Kuliner Serpong 2014
Konro bakar tapi tetep dapet kuah sopnya lhoo

Akhirnya, suap demi suap daging iga sapi bakar berteksur lembut dengan bumbu kacang yang yahuud dipadu kuah sop hangat bisa aku nikmati juga. Dengan harga cuma 33000, aku udah dapet konro yang besar jadi aku makannya tanpa nasi, kebayang aja kalau pake nasi kenyangnya kaya apa.

festival kuliner serpong 2014
Festival Kuliner Serpong 2014 ; menjelang malam suasananya jadi romantis.

serunya menjelajah FKS 2014

Usai melahap tuntas konro bakar, tiba waktunya buat eksekusi makanan lain buat dibawa pulang. Tapi karena pilihan makanannya banyak sementara waktu terbatas, aku malah kebingungan sendiri di dalem. Akhirnya aku melipir ke stand Lumpia Sulawesi yang kebetulan lagi gak begitu antri, aku beli 2 lumpia dan 2 pastel.

Di sebelah stand Lumpia ada stand Klapertart tapi aku lebih tertarik buat antri di stand sebelahnya, yaitu stand yang jual Bubur Manado dan uniknya mereka jual pisang goreng yang dicocol sambel. Tapi aku cuma beli Bubur Manadonya aja, abis penasaran sama rasanya. Terakhir, karena waktu udah mepet dan yakin udah ditungguin yang mau pulang ke Bogor, aku abisin sisanya buat beli sop duren (padahal mah di Bogor juga ada –“)

Pas mau keluar area FKS ini, aku malah tergiur bangeeet pengen nyoba cilok, tapi sayang vouchernya udah kosong, mau diisi bisa-bisa pulang pagi aku (saking antrinya). Jadi, ya udah sampai sekarang itu cilok masih menari-nari indah aja di pikiran aku :p

Dan alhamdulillah sebelum tengah malam aku udah mendarat cantik di rumah tanpa tangan kosong.

Makasih ya Summarecon Mal Serpong buat goodiebag-nya, buat Kopi Toraja-nya, juga buat free vouchernya ^^

blogger preview invitation

Festival Kuliner Serpong 2014 di summarecon Mall Serpong

Nah, buat temen-temen yang mau ke sini ayo deh mumpung masih ada sampai tanggal 7 September. Tapi kalau udah gak keburu, siap-siap tahun depan yah! Soalnya acara Festival Kuliner Serpong ini mrupakan acara tahunan dari Summarecon Mal Serpong.

Leave a Reply