Jalan-Jalan Ke Kota Tua Jakarta, Enaknya Ngapain Aja?

Halo Uliners! Ada yang udah baca postingan aku sebelumnya tentang Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Jakarta? Kalau belum, boleh lho dibaca dulu. Di postingan itu aku kasih beberapa tempat rekomendasi wisata murah yang ada di sekitar Kota Tua, Jakarta. Kaya Vihara Petak Sembilan, Pasar Ikan Muara Angke, Museum Wisata Bahari, Menara Syahbandar, dan juga Masjid Luar Batang. Monggo dibaca dulu ya, siapa tau teman-teman tertarik untuk mengunjungi salah satu atau bahkan kelimanya.

Kelima tempat wisata murah yang aku tuliskan itu, jaraknya cukup berdekatan dan bisa dikunjungi semua dalam waktu 1 hari. Hanya saja, biarpun dibilang berdekatan buat datangin semua tempat wisata itu tetap ngga bisa dibawa jalan kaki. Karena ya lumayan bikin gempor juga kalau jalan kaki mah, hehehe. Nah, kalau buat urusan transportasi di Jakarta sih udah ngga perlu worry ya, termudah dan tercepat tinggal naik ojek online aja.

Tapi nih, kalau misal uliners punya budget dan waktu yang terbatas buat explore Jakarta, atau tujuannya emang cuma mau jalan-jalan di sekitar Kota Tua tapi belum tau mau ngapain aja selama di sana. Di postingan kali ini aku bakal kasih gambaran tentang aktivitas apa aja yang bisa uliners lakukan saat wisata ke Kota Tua Jakarta. Soalnya kadang aku kalau ke Kota Tua, cuma numpang nongkrong dan foto-foto aja di area Lapangan Museum Fatahillahnya itu. Wkwk. Setelah aku telisik lagi, ternyata ya kok banyak juga aktivitas seru yang bisa dilakukan di Kota Tua ini. Diantaranya:

  • Museum Tour

Bicara Kota Tua, ngga jauh-jauh tempat mainnya pasti ke museum. Emang sih, buat kebanyakan orang mungkin museum adalah salah satu tempat yang membosankan. Aku sendiri termasuk orang yang ngga terlalu suka main ke museum, tapi buatku sesekali perlu untuk mencoba. Karena aslinya museum tidak semembosankan yang aku pikir. Terlebih kalau kalian udah mulai ngerasa ngga kuat ngadepin sengatan matahari di Kota Tua, mending langsung aja cuss masuk ke museum, jadi bisa sekalian ngadem. Hehehe

Photo taken by @fajrinherris

2 museum di Kota Tua yang pernah aku masukin, yaitu Museum Fatahillah dan Museum Wayang. Di Museum Fatahillah itu ada penjara bawah tanah juga yang boleh dimasukin pengunjung. Selain dua museum ini, masih ada museum lain yang bisa dikunjungi, yaitu Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, dan Museum Seni Rupa dan Keramik. Ohiya, jangan lupa semua museum tutup di hari SENIN, jadi pastikan kalau mau coba museum tour di Kota Tua ke sininya hari lain ya^^

  • Keliling Kota Tua Naik Sepeda Ontel

Yak. Ini adalah salah satu aktivitas seru yang bisa kita lakukan saat wisata ke Kota Tua Jakarta. Sayangnya, aku sendiri belum pernah coba sih, baru sekadar ingin. Suka banyak pertimbangannya, dari mulai harga sewa sepedanya yang belum bersahabat sama dompet aku sampai waktu kunjungan yang kadang cuma bentar terus datangnya pun pas matahari lagi di atas kepala banget. Buat foto-foto sih ya bagus, tapi kayanya ngga bagus buat kesehatan kulit. Wkwk. *alibi lain dari malas papanasan Tapi, suatu saat bakal aku wujudin kok itu keinginan buat sepedaan di Kota Tua sore-sore. Ada yang mau nemenin kah? 😀

  • Ngopi cantiks di Join X Jeera

Ahhh ini sih yang ngga akan skip aku lakuin kalau ke Kota Tua lagi . Entah aku seneng aja nemu tempat ngopi yang letaknya ada di pojokan Lapangan Museum Fatahillah ini. Yang bikin seneng tuh tempatnya enakeun buat nongkrong berlama-lama, staffnya ramah dan selow, pilihan kopinya banyak, dan paling terpenting harganya reasonable. Buat tempat wisata sekelas Kota Tua Jakarta, harga yang ditawarkan coffe shop ini ngga bikin dompet jerit-jerit, harganya standaran coffe shop aja. Sukakkk. Favorit aku di sini Kopi Paradisenya, must try! Buat pecinta kopi, kalian juga akan dimanjakan dengan banyaknya biji kopi yang bisa dipilih. Ntapss khan.

  • Wisata Kekinian di Magic Art 3D Museum

Meskipun mempunyai nama akhir “museum”, museum ini berbeda dari museum biasanya yang berisi benda-benda bersejarah, makanya kubilang wisata kekinian. Karena museum ini berisi lukisan-lukisan 3 dimensi yang bisa menguji tingkat kreativitas pengunjungnya. Wkekeke. Soalnya kalau foto-foto di sini ngga bisa gayanya yang cuma senyum menye-menye doang. Harus totalitas biar fotonya tampak seperti nyata. Gimana? Berani coba?

  • Wisata Kuliner Pinggir Jalan (food street)

Layaknya tempat wisata pada umumnya, di Kota Tua juga ada banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Ngga ada kuliner spesifik yang aku rekomendasiin sih, soalnya biasanya aku kalau makan di sini random aja. Sesuai lagi inginnya makan apa atau senemunya. Kadang makan nasi pecel, kadang makan siomay, atau kadang ya jajan-jajan lucuk aja beli cimol atau telor gulung gitu. Nah, kalau menjelang sore ke malam, di area luar Museum Fatahillah juga banyak jajanan pinggir jalan yang bisa ditemui, lengkap dengan area makan lesehan pinggir jalan yang disediakan. Lagi lagi, di sini juga aku random aja pilih makanannya. Buat rasa sih ngga terlalu rekomen menurutku (enak dan tidak enak kan cuma soal selera; relatif lah), tapi kalau buat experience, ya tentunya layak buat dicoba.

Itu dia 5 aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berwisata ke Kota Tua Jakarta. Buat urusan akomodasi, tentunya juga ngga perlu khawatir. Ada banyak pilihan hotel di Jakarta yang bisa teman-teman temui di website Pegipegi atau kalau mau lebih praktis, tinggal download aja aplikasi Pegipegi di smartphone.

Bisa cari hotel sesuai lokasi terdekat dari tempat wisata
Bisa pilih dari list rekomendasi Pegipegi juga. Biar ngga terlalu bingung

Cari hotel murah atau hotel unik? Bisa! Atau mau cari hotel yang deket banget sama Kota Tua? Juga bisa banget. Dan yang aku suka dari Pegipegi ini adalah, PROMONYA. Asli sih kalau ngecekin rate hotel di Pegipegi mah hawanya bikin pengin staycation muluk! HAHAHA.

Aku sendiri waktu itu nginepnya di MaxOne Hotel Glodok. Salah satu hotel bintang 3 yang ada di kawasan pecinannya Jakarta. Hotelnya cukup nyaman, pelayannya juga oke, kamarnya so-so lah ya yang penting sih bersih dan lokasinya juga ngga terlalu jauh dari Stasiun Jakarta Kota. Luvvv~ See you next post, uliners!

Leave a Reply