Berburu Kuliner Di Gebyar Masakan Nusantara CCM

Gebyar Masakan Nusantara CCM

Berburu Kuliner Di Gebyar Masakan Nusantara CCM – Halo Uliners, rasanya udah lama banget nih Tukang Ulin ngga kulineran. Selain belum nemu tempat potensial buat disatronin. Agak sedikit bosyen juga sama menu yang begitu-begitu aja dan mulai kangen makanan-makanan khas daerah gitu.

Kata orang, kalau kangen obatnya tuh ketemu jadi kapan kita ketemu atuh euy?. Tapi, dalam waktu dekat belum ada rencana mau ke mana-mana. Huhu. Aku syedih.

Dan ternyata, kalau lagi BM alias banyak mau sama makanan khas daerah, gak selalu harus datengin tempatnya langsung kok. Kecuali kalau kamu punya tiket ajaib yang bisa dipake terbang ke mana aja, itu sih lain cerita yak :v Alternatifnya adalah, dateng aja ke event-event kuliner yang bertema makanan khas Indonesia, dijamin deh bisa dengan mudah ketemu banyak makanan khas daerah.

gebyar masakan nusantara ccm
Maranggi Khas Cianjur

Kelebihan dateng ke event kuliner itu, tentu aja bisa ketemu makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia dengan cukup datang ke satu tempat aja. Menang banyaklah istilahnya. Kekurangannya, bisa bikin bingung dan kalap. Bingung mau cobain yang mana dulu, dan saking bingungnya, jadi kalap deh dicobain semua *ehh itu mah siapa ya yang kaya gitu? HAHA.

Iya, ngaku da, aku yang suka begitu. Suka kalap sendiri kalau lagi berburu di event kuliner, rasanya apaan aja menggoda buat dicobain. Persis kaya waktu dateng event kuliner “Gebyar Masakan Nusantara” yang lagi digelar di Cibinong City Mall (CCM).

Kebetulan, aku dateng di hari Minggu (08/04), suasana di lower ground CCM hari itu, bukan main ramenya sama pengunjung yang juga sama bersemangatnya kaya aku buat cobain makanan yang ada di event ini. Soalnya semua makanan emang menggugah selera banget sih.

gebyar masakan nusantara ccm

Katakanlah, ada Nasi Pedas Bali “Made”, yang bikin kangen sama Bali bisa sedikit terobati. Dengan harga sekitar Rp. 45.000 kita udah bisa dapat Nasi Bali dengan 3 lauk pilihan plus 1 macam sayur. Dan aku harus bilang, ini 1 porsinya buanyakk banget sih menurutku. Bakal kenyang banget kalau dihabiskan sendiri.

Tips dari aku, jangan dateng ke sini sendiri, harus banget ajak teman atau keluarga dan kalau bisa ngajak orang yang makannya banyak, biar sekalian bisa bantu ngabisin makanan. Inget, mubazir temennya syetan. Jangan sampai kalap beli ini itu, ujungnya gak kemakan karena kekenyangan :s

Selain Nasi Bali, ada stand Ayam Taliwang yang berkonsep sama, ala-ala prasmanan gitu. Nah buat kategori “cemilan”, banyak juga nih pilihannya, yang favorit aku ada Bakso Goreng Gajah, ini asli enak bangettt bakso gorengnya.

Terus ada pentol juga, aku lupa sik nama standnya apa kalo yang pentol ini. Ada juga kue lekker, macam martabak tipker (tipis kering) gitu. Nemu jajanan favorit pas SMP dulu, Kue Rangi. Ada kue bandros juga, kue ape, kue pukis, kue klepon, dan berbagai kue jajanan pasar lainnya yang aku suka lupa-lupa namanya.

kue rangi
Kue idola, kue Rangi. Inget ya, ini Rangi bukan Rani :p
jajanan pasar
Ada yang hafal nama kue-kue ini?

Ngomongin soal kue-kue jajanan pasar, beberapa waktu lalu, aku sempet sok ngetes adek sepupu yang masih SMP soal nama-nama kue jajanan pasar. Dan hasilnya, banyak banget nama-nama kue yang dia ngga tau. Aku juga ngga terlalu banyak tau sih, tapi ternyata generasi setelah aku malah lebih banyak ngga taunya :v

Aku jadi mikir, event-event kuliner yang mengangkat tema makana khas Nusantara gini tuh penting banget buat terus diadain ya. Karena selain bisa jadi tempat berburu kuliner, juga bisa jadi ajang buat ngenalin makanan atau jajanan tradisional ke generasi saat ini, generasi Z ya? Jadi kepikiran juga buat ngajak adek sepupu ke sini. Untunglah acaranya masih berlangsung sampai 22 April nanti.

Selain kue jajanan pasar, masih ada masakan khas lain seperti, tahu petis Yudhistira, kerak telor, toge goreng yang sampai saat ini masih dipertanyakan kenapa namanya toge goreng padahal togenya direbus :p, sate maranggi khas Cianjur juga ada.

kerak telor khas jakarta
kerak telor khas Jakarta
tahu petis
Tahu Petis khas Semarang

Dan yang belum sempat aku cobain kemarin, Mie Kocok Bandung, Bakso Gepeng Gading Serpong, dan siomay juga dimsum yang kelewat aku coba kemarin *semacam nge-tag dari sekarang biar kalo ke sana lagi bisa fokues mau beli apa aja :v

Ohiya, aku tuh kemarin belum sempet cobain es krim monster roll-nya juga deh. Emang bukan jajanan khas sih, tapi diantara makanan khas Nusantara yang ada, menu kekinian juga tetap dihadirkan buat penyeimbang. Ada juga es yang kekinian lain, Es Kepal Milo dan Es Krim Turki Zahra. Iya, eskrim yang jualanya pake atraksi tapi aku ngga mau cobain. Soalnya aku mah anaknya pundungan, nanti aku bisa pundung kalo dibecandainnya begitu. Semacam di-PHP gitukan. Wkwkwk

Buat range harga, masuk harga standar mall sih. Makanan berkisar Rp. 20.000 – Rp. 45.000an, minuman dari Rp. 5000 – Rp. 20.000. Buat pembayaran, sama seperti beberapa gelaran event kuliner serupa, sistem pembayaran di event Gebyar Masakan Nusantara ini juga cashless alias non-tunai.

Gebyar Masakan Nusantara CCM
TAPCARD | Photo by @Unidzalika

Jadi, sebelum beli jajanan di tenant, kita harus terlebih dulu top up kartu yang udah disediakan di stand kasir, dengan minimal top up Rp. 100.000 aja. Dari Rp. 100.000 ini, saldo aktif yang bisa dipake jajan cuma Rp. 90.000, karena Rp. 10.000 sisanya semacam jadi saldo “jaminan” buat kartunya. And yes, kartunya harus dibalikin, dan uang jaminan beserta uang sisa saldo (kalo bersisa itu juga :v) bisa kita ambil lagi, di-refund lah istilah kerennya mah.

rokok mainan
Siapa yang jaman dulu suka beli ginian? Berarti kita seumuran :p

gebyar masakan nusantara ccm

Yang ngga kalah menarik, di event Gebyar Masakan Nusantara CCM ini juga ada satu tenant yang menjual jajanan khas anak-anak tahun 90’an, namanya tenant Sunda Unik. Ngga cuma jual jajanan, stand ini juga jual peralatan makan jadul gitu. Piring kaleng, teko kaleng, rantang, mangkok ayam, lucu-lucu deh buat koleksi sekalian bisa jadi props foto juga.

Nah, buat uliners yang ada di Bogor dan sekitarnya, buruan deh ke Cibinong City Mall sebelum event kulinernya udahan. Dan, selamat berburu kuliner di event Gebyar Masakan Nusantara CCM yaaa^^ Kalo udah ke sana, boleh share dong udah cobain apaan aja biar aku nanti bisa coba juga. Share di komen yaaa.

Leave a Reply