Ada Apa Aja Di Festival Tempoe Doeloe 2018?

festival-tempoe-doeloe-jakarta-2018

Festival Tempoe Doeloe, JAKARTA – Halo Uliners! Lama banget ngga update blog, sekalinya update TukangUlin langsung mau ngajak main nih. Mainnya ke mana? Eits, santai, kali ini ngga jauh-jauh kok mainnya, kita ke Jakarta aja yoks. Kebetulan, akhir minggu ini (Sabtu & Minggu, 10-11 November 2018) di Jakarta, tepatnya di Kota Tua, bakal digelar satu event besar, Festival Tempoe Doeloe 2018.

Nah, karena lokasinya di Kota Tua, udah paling bener kalau dari Bogor perginya naik kereta jurusan Kota. Dari stasiun Kota, tinggal sambung jalan kaki aja deh sampai depan Lapangan Museum Sejarah Jakarta, tempat digelarnya festival ini.

Ngomongin soal Kota Tua, udah pasti ngga jauh-jauh bercerita soal sejarah, ya kan? Dan, tentu aja, Kota Tua juga punya sejarah tersendiri buat aku. KOTA TUA, jadi tempat wisata di Jakarta yang bikin aku untuk pertama kalinya suka sama kota ini.

Alasannya? Ya apalagi kalau bukan karena MURAHnya. Dulu, zamannya masih ada kereta ekonomi, cuma modal 2rebu perak aja, kusudah bisa main-main ke Jakarta. Yaaa, sekarang juga masih murah sih, cuma 6rebu, keretanya udah bagus, pun. Makanya, sampai sekarang, buat aku, Kota Tua masih jadi tempat wisata favorit di Jakarta.

Kota Tua Jakarta
Salah satu momen bersejarah nih bawa rombongan bukibuk ke Kota Tua

Dan, kayanya, bukan cuma aku deh, yang jadiin Kota Tua sebagai tempat wisata favorit di Jakarta. Terbukti, kawasan Kota Tua ini ngga pernah sepi pengunjung, apalagi di akhir pekan. Ngga usah dibayangin gimana ramenya pas hari libur, hari biasa aja, kawasan ini tetap ramai.

Yang ternyata, ditilik dari sejarahnya, kawasan Kota Tua ini emang udah hits sejak abad ke-17, dan ya dulu namanya masih Batavia. Batavia ini jadi kota cantik yang sering juga disebut Queen of the East. Yang mana, Batavia juga dirancang VOC buat jadi pusat ekonomi, perdagangan, dan kekuasaan kolonial. Bahkan, kota ini dirancang sebagai kota dunia dan menjadi role model buat New York, Colombo, sampai New Zealand.

Sempat menjadi rujukan dunia dalam hal budaya, gaya hidup masyarakat Queen of the East ini juga populer dengan nama Bataviase Novelles, yang ngga kalah ikonik. Sama lah kaya sebutan Parisian buat orang Paris, gitu. Tapi, seiring berjalannya waktu, sejarah Batavia pun berubah dan semakin “berwarna”. Yang akhirnya, membuat sejarah Kota Jakarta saat ini, bisa dibilang luar biasa. Kekayaan sejarah dan budaya inilah yang akan coba dihadirkan kembali di Festival Tempoe Doeloe 2018 ini.

Festival Tempoe Doeloe 2018

Jadi tuh, uliners yang datang bakal diajak seolah-olah melewati lorong waktu, dan berada di masa saat Jakarta masih diduduki penjajah. Setting tempatnya juga udah pas banget kan tuh. Di Kota Tua, ada banyak gedung-gedung bersejarah bergaya kekunoan, yang akan bikin suasana tempo doeloenya berasa lebih kental. Didukung dengan, akan diadakannya zona pertunjukan teater sesuai era tahun tertentu.

Yang mana, pengunjung atau uliners yang datang WAJIB pakai pakaian era tersebut alias pakaian jadul :p Kalau udah pakai pakaian jadul, otomatis pengunjung juga sudah ikut berperan di pertunjukan teaternya. Ssst, dari info yang aku dapet, pengunjung dengan dress code tempo doeloe terbaik bakal dapet hadiah menarik lho. So, jangan lupa siapain kostum terbaiks kamu dari sekarang ya, uliners! Siapa tau isinya jodoh  :)) Jodoh sama kamu hadiahnya, maksudnya :p

Ngga cuma itu aja, Festival Tempoe Doeloe yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini juga akan menghadirkan banyak pertunjukan-pertunjukan menarik seperti, berbagai atraksi seni budaya, pameran industri kreatif, fashion show Tempoe Doeloe, atraksi permainan tradisional, dan yang ngga boleh ketinggalan buat dicobain adalah KULINERnya. Ohiya, bakal ada bazar juga. Waaah, pokoknya siap-siap deh menghabiskan waktu seharian di Festival Tempoe Doeloe, Kota Tua & Kepulauan Seribu, Jakarta.

Menjadi destinasi terbaik, Festival Tempoe Doeloe juga akan menghadirkan lukisan, litografi, dan beragam dokumen penting Batavia. Ikatan emosi masa lalu juga dikuatkan melalui Suma Orientale: Batavia Ternate Abad ke-16. Sub event ini menyajikan demonstrasi sketsa, siluet, pantomim, dan street art.

Untuk kolektor barang antik, Festival Tempoe Doeloe juga akan menghadirkan “surga kecil” buat kalian. Karena akan ada Urban Archeology, yang akan melelang beragam barang antik, buku tua, dan beragam pernah pernik batavia lainnya. Dan, untuk lebih menguatkan nuansa Memory of Batavia and Jayakarta, akan ada pemutaran film mini yang bertema Batavia, seperti Sultan Agung, Fatahilan, dan Scandal at Staadhuis.

Duh, jadi ngga sabar buat datang ke Festival Tempoe Doeloe, Sabtu besok. Nanti, bakal aku update lagi di blog ini cerita lengkap keseruan acaranya ya, uliners! See ya^^

Leave a Reply